Ryan Kristo Muljono

Apa Pengertian Dasar Konsep Digital Marketing

Konsep Digital Marketing

Table of Contents

Digital Marketing, dalam esensinya, merupakan strategi pemasaran yang memanfaatkan internet sebagai sarana utama. Ini berarti, segala upaya pemasaran dilakukan melalui berbagai platform digital, seperti media sosial, website, hingga email.

Tujuannya jelas, yakni untuk menjangkau konsumen yang kini semakin banyak menghabiskan waktunya di dunia maya. Salah satu keunggulan dari Digital Marketing adalah kemampuannya untuk menargetkan konsumen secara spesifik.

Dengan menggunakan data dan analisis perilaku pengguna internet, strategi pemasaran bisa disesuaikan agar lebih efektif. Misalnya, jika Anda memiliki produk kecantikan, Anda dapat menargetkan iklan Anda kepada orang-orang yang sering mencari informasi tentang perawatan kulit di internet. Selain itu, Digital Marketing juga menawarkan kemudahan dalam mengukur efektivitas sebuah kampanye pemasaran.

Berbagai tools digital marketing memungkinkan para marketer untuk melacak berapa banyak orang yang melihat iklan mereka, berapa banyak yang mengklik, bahkan sampai berapa banyak yang akhirnya melakukan pembelian. Hal ini tentu sangat membantu dalam mengevaluasi dan menyempurnakan strategi pemasaran secara berkelanjutan. 

Dengan berkembangnya teknologi dan semakin banyaknya orang yang terkoneksi dengan internet setiap harinya, Pemasaran digital menjadi sebuah keharusan bagi setiap bisnis yang ingin bertahan dan berkembang di era digital ini. Memahami konsep dasar dan menerapkannya dengan strategi yang tepat akan membawa sebuah bisnis mencapai kesuksesan di pasar yang semakin kompetitif.

Digital Marketing menjadi bagian penting dalam kegiatan pemasaran. Kenapa? karena digital menjadi bagian dari gaya hidup kita sehari-hari.

Namun sebagai sebuah ilmu dasar, digital marketing masih sangat dasar karena belum banyak riset & pengembangan yang di lakukan secara akademis. Selain itu, perubahannya juga sangat cepat. Sesuatu yang berlaku tahun lalu, belum tentu bisa di terapkan saat ini.

Buku ‘Digital Marketing Concept’ di terbitkan Gramedia Pustaka Utama

Akhir tahun 2018, saya mempublikasikan sebuah buku yang di terbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama bertajuk ‘Digital Marketing Concept’. Dalam buku tersebut, di jelaskan dengan lebih detail mengenai konsep digital marketing dengan lebih detail. Apabila Anda tertarik, anda bisa mendapatkannya di Toko buku Gramedia atau dapatkan disini.

Menurut saya, ada 3 elemen penting dalam Digital marketing, yaitu Traffic, Conversion & Engagement.

3 Hal inilah yang menjadi kegiatan penting yang dilakukan oleh digital marketer dalam melakukan pemasaran secara online. Saya akan menjelaskan lebih detail setiap elemen ini.

Traffic atau Pengunjung

Sama seperti saat kita membuka toko secara offline di mall atau pasar, semakin ramai yang mengunjungi toko kita, maka semakin besar penjualan yang mungkin terjadi.

Dalam dunia online, pengunjung atau audiens yang masuk kedalam situs website atau media digital (sosial media account, akun marketplace, dsb) di kenal dengan nama Traffic. Target utama kita adalah mendapatkan Traffic sebanyak-banyaknya. Cara yang di gunakan, biasa di kenal dengan nama Traffic Generation Strategy.

Beberapa cara yang banyak di lakukan adalah:

  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Search Engine Marketing (SEM)
  • Digital Advertising / Iklan / Ads
  • Social Media Marketing
  • Content Marketing
  • Mobile Marketing

Anda bisa mempelajari dengan lebih detail masing-masing strategi ini. Banyak keuntungan yang bisa di dapatkan dari menerapkan strategi yang ada kedalam sebuah bisnis. Ini adalah konsep utama dalam digital marketing.

Setelah mendapatkan banyak pengunjung, langkah berikutnya adalah Conversion

Conversion: Merubah pengunjung menjadi pelanggan

Memiliki banyak Traffic tidak cukup untuk bisnis. Karena percuma memiliki banyak pengunjung, tetapi tidak menjadi pelanggan. Anda harus bisa merubah mereka yang mengunjungi website menjadi pelanggan, minimal menjadi calon pelanggan.

Conversion adalah langkah penting dalam digital marketing, karena kesuksesan dalam pemasaran online tergantung dari berapa banyak yang akhirnya membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. Ada beberapa cara atau ilmu yang bisa anda pelajari untuk meningkatkan jumlah konversi dalam website.

  • Funnel Marketing
  • Website Optimization
  • Conversion Rate Optimization (CRO)
  • Copywriting Skill

Ilmu ini menjadi elemen penting dalam pemasaran online, karena bagaimana cara merubah menjadi pelanggan terdengar sederhana, namun sulit untuk di terapkan kedalam bisnis. Ada banyak hal yang harus di perhatikan & ini menjadi satu subject yang bisa di perdalam & di kuasai oleh individu.

Tidak berakhir di Conversion, untuk Anda menjaga & meningkatkan performa bisnis secara online, perlu melakukan Engagement

Engagement: Terhubung Dengan Para Pelanggan

Mereka yang sudah datang ke tempat anda dan tertarik dengan produk atau jasa yang di tawarkan, belum tentu akhirnya membeli. Oleh karena itu, Anda perlu menjangkau audiens dengan membangun hubungan dengan mereka, agar terus ingat & akhirnya membeli.

Di sini tugas dari Engagement. Bagaimana terus berkomunikasi dengan mereka secara online. Beberapa cara yang digunakan

  • Email
  • Messaging Apps

2 media komunikasi ini yang harus di kuasai untuk membangun hubungan dengan mereka. Dan yang paling penting, anda bisa melakukannya secara otomatis.

Ada beberapa pelanggan yang perlu di hubungi secara personal, terutama mereka yang menjadi pelanggan setia. Namun kebanyakan adalah calon pelanggan, yang kita belum mengetahui apakah mereka akan menjadi pelanggan dalam waktu dekat atau tidak.

Oleh karena itu, membangun hubungan melalui media elektronik, akan membuat usaha yang di keluarkan lebih efektif & efisien. Ada berbagai cara & strategi yang bisa di terapkan menggunakan software yang ada di pasaran.

Kesimpulan

Dalam dunia digital marketing, mengenal dan memahami konsep Traffic, Conversion, dan Engagement merupakan langkah awal yang sangat penting. Traffic merujuk pada jumlah pengunjung yang datang ke website atau platform online Anda.

Ini adalah langkah pertama untuk menarik perhatian calon pelanggan dalam digital marketing. Namun, traffic saja tidak cukup jika tidak diikuti oleh Conversion, yaitu proses mengubah pengunjung tersebut menjadi pelanggan yang melakukan pembelian atau aksi tertentu yang Anda inginkan. Sementara itu, Engagement berkaitan dengan seberapa interaktif dan menariknya konten Anda bagi pengunjung, sehingga mereka tidak hanya datang sekali tapi terus kembali dan berinteraksi dengan brand Anda. 

Untuk meningkatkan Traffic, Anda bisa memanfaatkan berbagai strategi SEO (Search Engine Optimization) agar website Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Selain itu, penggunaan social media (seperti Facebook, Instagram atau TikTok) yang efektif juga dapat meningkatkan traffic ke website Anda. Sementara untuk mengoptimalkan Conversion, desain website yang user-friendly dan menawarkan user experience yang baik sangat penting. 

Hal ini termasuk memastikan proses checkout yang mudah dan cepat, serta menyediakan variasi metode pembayaran. Engagement dapat ditingkatkan dengan membuat konten yang relevan dan menarik bagi target audience Anda. Konten bisa berupa artikel blog, video, podcast, atau infografis yang informatif dan menghibur. Interaksi melalui komentar di social media atau blog juga penting untuk membangun hubungan dengan audience. Memahami ketiga konsep ini secara mendalam akan membantu Anda dalam merencanakan strategi digital marketing yang efektif. Namun, penting juga untuk terus belajar dan mengupdate pengetahuan

Share:

Facebook
X
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts

appointment funnel

Mengenal Appointment funnel untuk bisnis

Dalam dunia digital yang terus berkembang, memahami apa itu appointment funnel menjadi kunci bagi bisnis untuk meningkatkan konversi. Appointment funnel adalah strategi pemasaran yang dirancang

Struktur Biaya dalam Business Model Canvas

Mengelola Struktur Biaya dengan Efisien Pentingnya Efisiensi Mengelola biaya adalah kunci untuk menjaga keberlanjutan bisnis Anda. Tanpa pengelolaan yang efisien, sulit bagi perusahaan untuk tetap

Strategi Revenue Streams dalam Business Model Canvas

Mendiversifikasi Aliran Pendapatan secara Strategis Pentingnya Diversifikasi Memiliki lebih dari satu sumber pendapatan bisa menjadi pelindung bisnis Anda dari ketidakpastian pasar. Diversifikasi pendapatan tidak hanya