Ryan Kristo Muljono

Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis

Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis

Table of Contents

Penggunaan internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Internet merubah cara kita mengerjakan berbagai kegiatan, dan juga merubah cara kita melakukan Bisnis.

Internet sebagai sebuah media digital, memungkinkan bisnis untuk memasarkan atau mem-promosikan bisnis kita melalui media ini. Bahkan untuk saat ini, sebuah bisnis harus menggunakan media Digital apabila mereka mau terus bertahan dalam beberapa tahun kedepan. Terutama bila anda ingin meningkatkan penjualan dan meningkatkan pendapatan dengan melakukan kegiatan pemasaran secara online.

Pengertian digital marketing adalah bagaimana sebuah usaha menggunakan media digital sebagai media untuk menjangkau calon pelanggan. Untuk itu dibutuhkan seorang Digital Marketer.

Apa itu Digital Marketer adalah orang yang menjalankan digital marketing dalam kegiatan usaha sehari-hari. Orang ini bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan digital marketing dan harus mengerti secara global apa yang harus di lakukan. Baik menjalankan kegiatan di sosial media, optimasi melalui search engine, dan sebagainya. Pemasaran digital akan mendapatkan hasil lebih baik di era internet ini, namun sulit untuk dilakukan hanya satu orang.

Pandemi yang terjadi kepada kita saat ini membuat pemasaran digital menjadi keharusan untuk semua pelaku bisnis. Apabila Anda masih ragu untuk menggunakan Digital Marketing, dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas 5 manfaat digital marketing yang terpenting untuk membantu bisnis anda. Apapun jenis bisnis Anda, UMKM, Multi Nasional, B2B, B2C atau jenis usaha lain.

5 Manfaat Digital Marketing yang paling utama:

  1. Real-Time Untuk Berkomunikasi
  2. Keterbukaan & Personalisasi
  3. Media tanpa batas
  4. Jangkauan luas
  5. Aktivitas Marketing Terukur

Real-Time untuk Berkomunikasi

Seberapa cepat informasi bisa dibagikan melalui media Digital? Instant.

Menggunakan Sosial Media seperti Twitter, setiap informasi bisa di dapatkan dengan sangat mudah. Apa manfaat-nya untuk Bisnis?

Bagaimana kita berkomunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan bisa dilakukan secara instan dari semua orang di belahan dunia manapun. Anda bisa menggunakan Email, Messaging Apps atau Live Chat.

Anda juga bisa menggunakan Blog atau Announcement di website untuk membagikan informasi terbaru mengenai bisnis, produk, atau update informasi terbaru dari industri. Saat ini, berkomunikasi memegang peranan penting karena pelanggan tidak suka untuk menunggu lama. Mereka menginginkan respons instan dari bisnis yang mereka hubungi. Bagaimana Anda mengambil keuntungan ini akan merubah bisnis anda dan tentu saja akan meningkatkan penjualan.

Keterbukaan & Personalisasi

Sekarang adalah era Kolaborasi. Apa artinya? Semakin banyak informasi yang bisnis bagikan, semakin ‘besar’ perusahaan tersebut.

Sebelumnya, setiap perusahaan berusaha menutup informasi tentang bisnis mereka. Berbagai alasan di gunakan & memang pada masanya, hal ini sangat penting.

Namun dalam era Digital ini, semuanya berubah. Semakin banyak informasi yang anda bagikan, maka bisnis Anda akan semakin berkembang. Anda bisa melakukan pencarian di Google untuk semua yang berhubungan dengan bisnis Anda sendiri, dan Anda akan menemukan beberapa website yang terus-menerus muncul di halaman pertama. Ini merupakan cara untuk melakukan pemasaran digital.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Karena mereka memberikan banyak konten bermanfaat secara online. Di hal yang sama, Digital membuat konten yang di konsumsi bersifat personal.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki sifat egois yang selalu terhubung dengan 1 stasiun radio yang paling laris di dengar. Namanya WIIFM – What’s In It For Me.

Konten yang di konsumsi juga sangat personal sesuai dengan apa yang mereka ingin baca atau sesuai dengan interest mereka. Apabila anda bisa membuat konten yang personal, maka akan lebih baik untuk bisnis Anda berkembang secara online.

Maksud saya dengan personal, bukan berarti anda membuat konten untuk setiap individu, tapi buat konten untuk jenis individu tersebut. Misalnya, Post yang saya tulis saat ini, yang sedang anda baca, di targetkan untuk para Pemasar yang baru mau masuk ke pemasaran digital. Mereka yang suka memasak & mencari informasi tentang resep masakan, tidak akan membaca konten ini.

Media Tanpa Batas

Layar yang kita akses memiliki ukuran yang terbatas. Apabila Anda menggunakan Laptop/Desktop, maka ukuran kurang lebih 13-18 inch. Anda yang menggunakan Mobile Phone, ukuran sekitar 5-6 inchi.

Namun dengan ukuran layar yang terbatas, kita bisa memberikan informasi yang tidak terbatas. Anda bisa membuat Video yang menjelaskan dengan detail mengenai bisnis, Anda bisa menulis artikel yang panjang & menarik, dan banyak hal lain.

Dalam menggunakan media tradisional, kita memiliki banyak batasan. Ukuran flyer yang akan di cetak, ukuran iklan di media cetak yang semakin besar semakin mahal, dsb. Digital memungkinkan kita memasukkan semua informasi yang kita mau pelanggan dapatkan melalui sebuah layar yang bisa di buat lebih luas sesuai dengan kebutuhan anda.

Jangkauan Luas

Anda bisa terhubung dengan Dunia! Jangkauan Internet sangat besar & cepat. Anda bisa terhubung dengan calon pelanggan dari mana saja.

Saat ini ada 3 milyar pengguna internet di dunia. Ini 50% dari total penduduk dunia. Di Indonesia sendiri, kita memiliki 180juta pengguna internet. Sekarang adalah era internet. Anda bisa menjangkau & terhubung dengan mereka melalui layar.

Dengan jangkauan yang luas ini, Kita sebagai pemasar bisa menargetkan kepada calon pelanggan yang sesuai dengan bisnis kita. Baik secara lokal maupun global.

Manfaat ini bisa menjadi manfaat digital marketing yang dinilai positif sekaligus negatif. Tergantung dari sisi mana Anda melihat hal ini. Anda bisa menggunakan search engine atau media sosial sebagai awal untuk pemasaran digital.

Aktivitas Marketing Terukur

Bagaimana hasil pemasaran melalui iklan TV kemarin? Apa respons dari Billboard yang di pasang bulan lalu? Berapa banyak orang yang datang ke booth pada pameran di mall?

Sebagai marketer, memiliki data-data ini akan membantu bisnis kita di masa depan. Mengetahui mana yang efektif, dan mana yang tidak efektif.

Pemasar mengetahui hal ini:

Setengah dari Budget pemasaran saya terbuang percuma, Namun saya tidak mengetahui yang mana.

John Wanamaker

Digital Marketing bisa menjadi solusi dalam pemasaran, karena kita dengan lebih mudah bisa mendapatkan data-data tersebut. Berapa banyak yang lihat iklan, yang klik iklan, apa yang mereka lakukan dalam website, berapa lama mereka melihat infomasi di web, dan yang terpenting, berapa banyak yang menghubungi bisnis kita melalui telp, email atau chat.

Keuntungan atau manfaat Digital Marketing yang paling besar, menurut saya ada di bagian ini. Dengan memiliki data, kita bisa mengambil keputusan dengan lebih strategis di masa depan untuk menggunakan budget dengan lebih baik & mendapatkan hasil lebih efektif & efisien.

Apabila Anda belum yakin bagaimana Digital Marketing bisa bermanfaat untuk bisnis Anda, hubungi saya sekarang, dan kita akan berdiskusi bagaimana bisnis anda akan berkembang secara online melalui digital marketing.

Share:

Facebook
X
LinkedIn

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts