Ryan Kristo Muljono

Cara Mulai Berbisnis – 4 Pillar Yang Perlu Di Siapkan

Cara Mulai Berbisnis

Table of Contents

Mulai bisnis saat ini menjadi sangat mudah. Bahkan bisa di lakukan tanpa modal atau dengan biaya yang lebih sedikit.

Apabila di bandingkan dengan jaman sebelum era internet, untuk mulai bisnis dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Modal puluhan, ratusan sampai milyaran harus di siapkan untuk memulai bisnis. Namun dengan keadaan saat ini, kesempatan berbisnis terbuka lebar untuk semua orang. Mereka yang punya modal tak terbatas sampai mereka yang hanya memiliki modal ratusan ribu.

Namun sebelum Anda mulai berbisnis, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Hal ini tidak berubah dari dulu sampai sekarang untuk mulai usaha. Kesuksesan Anda bergantung kepada hal ini. Bagaimana melakukan persiapan mengenai hal ini menjadi kunci penting dalam Anda melakukan bisnis sehari-hari.

Ada 4 pillar penting dalam Bisnis yang perlu Anda ketahui dan persiapkan. Hal itu adalah:

  1. Produk/Jasa
  2. Management & Operation
  3. Finance, Accounting & Tax
  4. Sales, Marketing & Promotion

Pillar utama yang perlu di perhatikan adalah

Produk/Jasa

Apa yang akan Anda tawarkan dalam bisnis Anda. Hal ini sangat penting!

Ada banyak sekali produk & jasa yang tersedia di pasaran. Satu hal yang perlu Anda ingat, tidak ada produk/jasa baru di pasaran. Semua adalah pengembangan atau pembaharuan dari produk sebelumnya. Banyak dari mereka yang mau memulai bisnis mencari ‘produk’ paling bagus di dunia.

Berapa banyak produk yang sangat bagus di dunia namun tidak laku di pasaran? Anda bisa menyebutkan beberapa produk tersebut?

Sebelum memulai, Anda harus sudah memiliki produk utama yang akan menjadi ujung tombak bisnis anda. Hal ini bisa berupa produk atau jasa. Bagaimana memilih yang tepat untuk Anda? Mulai dari Passion atau ketertarikan Anda secara pribadi. Kenapa?

Karena Anda akan lebih mudah untuk menguasai produk dan pasar, karena produk tersebut dekat dengan ketertarikan Anda sendiri. Dalam perjalanan mengerjakan Bisnis, Anda akan selalu berhubungan dengan industri dan market dari produk. Apabila Anda sendiri tidak menyukai produk yang anda tawarkan, bayangkan mengerjakannya selama bertahun-tahun. Pasti tidak akan menyenangkan.

Selain itu, Anda perlu mengetahui jenis bisnis yang akan anda lakukan. Secara umum, ada 2 jenis bisnis secara umum. B2B & B2C. Ada banyak jenis lain yang saya tidak akan bahas lebih detail dalam post ini.

B2B singkatan dari Business-to-Business. Anda menawarkan produk/jasa kepada perusahaan & perusahaan yang akan membeli produk anda dengan sistem Invoicing. Sedangkan B2C singkatan dari Business-to-Customer. Yang membeli adalah pelanggan langsung, Keuntungan dari B2C adalah proses transaksi yang lebih cepat dibandingkan dengan B2B yang harus melewati beberapa tahapan, mulai dari procurement, pitch, invoicing hingga collection.

Setelah Anda mengetahui apa yang akan anda jual & jenis bisnis yang akan di kerjakan, kita masuk ke pillar kedua, yaitu Management & Operation

Management & Operation

Bagian ini sangat penting untuk memastikan bisnis bisa berjalan dengan lancar & tidak terjadi masalah dengan para pelanggan. Semua kegiatan bisnis sehari-hari masuk dalam pillar ini. Mulai dari Produksi, Stok barang, Distribusi, Customer service, sourcing, dsb.

Saat memulai bisnis, bagian ini mungkin yang paling menyita waktu Anda sehari-hari. Namun bagian ini adalah yang paling tidak produktif untuk pengembangan bisnis. Karena kebanyakan bersifat administratif dan monoton.

Pada saat memulai usaha, Anda harus memperhatikan hal ini dengan sangat baik & berusaha untuk membangun Sistem operasi dalam bisnis. Jangan sampai Anda menghabiskan semua tenaga & pikiran untuk melakukan hal ini, namun di saat yang sama, bagian ini harus sangat kuat.

Bagaimana kemampuan Anda memimpin perusahaan akan di nilai dari bagian ini. Cara delegasi pekerjaan & tanggung jawab, melakukan pekerjaan admin, dan masih banyak hal lainnya.

Bagian ini juga yang terkadang menjadi tantangan terbesar saat memulai bisnis. Antara jumlah orang yang akan mengerjakan dengan jumlah pekerjaan itu sendiri. Terkadang Anda terjebak menjadi CEO – Chief Everything Officer. Akan sangat baik apabila ada orang lain yang bisa melihat apa yang Anda kerjakan dari luar, sehingga Anda bisa mempertajam bagian ini seiring dengan waktu.

Bagian Management & Operation akan terus berkembang, sehingga jangan mencoba untuk menyelesaikan hal ini dalam waktu cepat. Anda akan secara terus-menerus mengerjakan hal ini sampai bisnis anda menjadi multi-national company.

Finance, Accounting & Tax

Semua berhubungan dengan angka dan uang. Bagian paling penting dalam bisnis untuk di perhatikan.

Secara sederhana, bisnis itu tentang Uang Masuk (penjualan), uang keluar (overhead & produksi), Profit/Lost (untung rugi).

Namun pada kenyataannya, bisnis tidak semudah ini. Ada banyak hal yang harus di perhatikan seperti Invoicing mundur, tagihan, penyusutan, penjualan langsung, transaksi antar rekening, komisi, dsb.

Di sini bagian Finance & Accounting berguna untuk bisnis Anda. Selain itu, apabila di kerjakan dengan baik, Anda bisa memproyeksikan Bisnis Anda dalam beberapa bulan kedepan. Saat ini, melakukan Finance & Accounting menjadi lebih sederhana dan mudah. Banyak software tersedia di luaran sana yang memudahkan kita untuk mencatat semua aktivitas bisnis secara lengkap.

Jangan lupa bagian Tax atau perpajakan. Hal ini penting untuk Anda yang mau mulai Bisnis karena kita melakukan bisnis di sebuah negara. Mengikuti peraturan yang ada akan memudahkan bisnis Anda untuk berkembang di kemudian hari.

Sales, Marketing & Promotion

Semua persiapan anda memulai bisnis, bisa menjadi Gagal Total karena tidak mempersiapkan bagian ini. Anda mungkin punya produk terbaik, management level dunia, team Finance berpengalaman. Namun tanpa penjualan, bisnis anda tidak akan bertahan.

Hal ini paling mudah & paling sulit di lakukan. Terutama bila Anda tidak memiliki pengalaman dalam melakukan pemasaran atau hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang hal ini. Hal baik-nya adalah, bagian ini adalah yang paling mudah untuk di pelajari karena ada banyak materi, video & kursus yang membahas hal ini.

Bagaimana langkah pertama yang harus dilakukan saat mau memulai bisnis, saat Anda tidak mengetahui apa yang harus di lakukan? Buat penawaran yang menarik dari produk yang anda miliki.

Penawaran berbeda dengan kelebihan produk. Penawaran ini di buat bukan hanya untuk membuat seseorang tertarik dengan produk Anda, tetapi membuat mereka ingin membeli produk Anda. Cara paling mudah membuat penawaran adalah dengan memberikan Diskon, gratisan, dsb.

Setelah membuat penawaran, apa yang harus di lakukan? Yang pasti, Anda tidak bisa hanya duduk diam & menunggu orang membeli, karena mereka tidak akan membelinya. Langkah selanjutnya adalah, menemukan dimana orang-orang yang membutuhkan produk Anda. Apabila di dunia online, website apa yang mereka kunjungi, masalah apa yang mereka hadapi, dsb.

Dasar utama dalam melakukan pemasaran & penjualan adalah menemukan orang yang sedang memiliki masalah & produk anda bisa menjadi solusi untuk mereka. Anda datang dengan solusi dan penawaran.

Semakin banyak orang yang membeli, semakin besar bisnis anda. Sekali lagi, tidak ada cara mudah untuk melakukan hal ini. Anda mungkin memerlukan bantuan pihak ketiga untuk membantu Anda dalam melakukan pemasaran & promosi dari bisnis Anda.

Apabila Anda membutuhkan bantuan dalam bidang ini, Anda bisa konsultasi dengan saya dan kita akan melihat apa yang bisa menjadi solusi untuk bisnis Anda.


Bagian terpenting dari semua 4 pillar ini adalah, mulai melakukan bisnis. Jangan pernah berharap untuk menyelesaikan semua hal ini, baru memulai bisnis.

Saya menghadapi hal ini sebelumnya, dan beruntung ada yang membantu saya untuk mendukung setiap aktivitas yang di lakukan dalam bisnis. Dan semuanya membutuhkan waktu & proses untuk menjadi lebih baik.

Selamat mempersiapkan & menjalankan bisnis Anda. Satu hal yang pasti, tidak ada bisnis yang sempurna. Oleh karena itu, lakukan yang terbaik yang bisa anda lakukan.

Share:

Facebook
X
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts