Ryan Kristo Muljono

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol – Apa yang Perlu Dilakukan

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Table of Contents

Saat ini memulai bisnis online menjadi sangat mudah. Tapi bagaimana melakukannya? Yang terlihat mungkin menggunakan sosial media untuk pemasaran. Post gambar setiap hari, komunikasi, dsb.

Namun bisnis yang berhasil secara online, menjalankan beberapa hal sebelum mereka mulai memasarkannya. Ini yang akan kita bahas dalam post kali ini.

Saya beranggapan anda mau mulai bisnis online tanpa memiliki produk untuk di jual. Apabila sudah memiliki produk, maka bisa masuk ke langkah selanjutnya.

Persiapan Bisnis

Saat memulai bisnis online, maka kita perlu memiliki produk yang di jual. Apa yang bisa anda lakukan?

  1. Produksi Barang
  2. Stock Barang
  3. Dropship
  4. Affiliate

Produksi Barang

Bagian ini adalah yang paling sulit untuk di lakukan. Anda tentu ingin produk yang sesuai dengan keinginan. Di butuhkan riset & pengembangan produk. Pada saat anda baru mulai atau belum menjalankan bisnis sebelumnya, maka jangan lakukan hal ini. Lebih mudah untuk melakukan opsi yang lain.

Stock barang

Anda sudah mengetahui apa yang ingin anda jual, dan anda simpan stok di tempat anda. Keuntungan melakukan hal ini adalah margin keuntungan yang lebih tinggi. Cara ini termasuk konvensional & paling banyak dilakukan oleh mereka yang memulai bisnis.

Namun modal untuk stok barang perlu di perhatikan sejak awal. berapa dana yang dimiliki untuk stok awal

Dropship

Cara ini paling populer di beberapa tahun terakhir. Karena ini memungkinkan kita memulai bisnis tanpa perlu stok dan bisa menjual beberapa jenis barang sekaligus. Proses dropsip adalah anda memesan saat ada yang membeli dari anda. Cara ini mengecilkan resiko barang tidak terjual, namun memiliki margin penjualan yang lebih kecil.

Tugas anda lebih sedikit karena Anda hanya perlu fokus ke menjual. Stok & pengiriman di atur oleh perusahaan dropship. Ada banyak perusahaan dropship yang bisa digunakan. Pilih sesuai dengan bisnis yang ingin anda bangun.

Affiliate

Cara ini mirip dengan Dropship. Perbedaan paling besar adalah proses transaksi. Dropship membutuhkan Anda memiliki toko sendiri. Affiliate kita menjual langsung dari website pemilik barang. Semua proses transaksi, pembayaran, pengiriman di lakukan oleh mereka.

Tantangan melakukan bisnis online model ini adalah ketidak-terbukaan website pemilik barang terhadap transaksi yang terjadi. Anda harus memilih website dengan sistem affiliasi yang baik.

Memulai Bisnis Online

Setelah Anda memiliki ide bisnis online dan mengetahui apa yang akan di jual dalam bisnis Anda, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan platform untuk terjadinya bisnis. Yang perlu di pikirkan adalah, bagaimana seseorang akan membeli produk anda secara online?

Ada banyak cara untuk orang bisa melakukan transaksi secara online, Cara memulai bisnis online dari nol bukan berarti tanpa modal. Terkadang ada investasi yang perlu di lakukan.

Minimal adalah menggunakan Whatsapp sebagai tempat transaksi. Pelanggan akan melakukan chat dengan Anda untuk menanyakan informasi & melakukan pemesanan.

Namun tempat terbaik untuk memulai bisnis online adalah menggunakan platform yang sudah ada. Marketplace adalah tempat awal untuk memulai bisnis online. Anda bisa memilih salah satu marketplace yang ada di Indonesia sebagai tempat awal bisnis online.

Bagaimana memilih marketplace yang paling baik? Gunakan yang paling sering Anda gunakan. Kenapa? karena Anda sudah terbiasa & mengetahui bagaimana proses jual-beli dari marketplace tersebut.

Memulai bisnis online memerlukan usaha yang tidak sedikit. Apabila kita bisa menggunakan hal yang kita sudah nyaman untuk lakukan, akan lebih baik untuk menjalankannya sehari-hari.

Apakah perlu memiliki website sendiri?

Akan sangat baik untuk memiliki website untuk bisnis online kita. Karena ini akan meningkatkan trust atau kepercayaan pelanggan yang akan membeli dari bisnis kita. Saat mereka melihat kita memiliki website, maka mereka akan lebih nyaman untuk melakukan transaksi.

Apakah perlu membangun toko online di website sendiri?

Jawaban untuk pertanyaan ini sangat bergantung dari kesiapan kita memulai bisnis online. Anda perlu mengetahui kalau biaya membuat toko online di website sendiri tidak mudah dari sisi development & fitur. Di butuhkan usaha & biaya yang tidak sedikit.

Tantangan terbesar ada di payment gateway & jasa kirim yang akan di aplikasikan ke dalam website kita. Ada banyak fitur yang perlu di bangun.

Saran yang bisa saya sarankan untuk bagian ini adalah, website di bangun sebagai tempat informasi produk. Untuk transaksi, tetap dilakukan melalui Marketplace. Dengan begini, Anda juga bisa melihat keefektifan pemasaran dalam bisnis online anda.

Sampai di level ini, anda sudah memiliki Produk & platform (marketplace / website) untuk menjalankan bisnis online. Tapi ini belum selesai, bahkan perjalanan bisnis online anda belum di mulai.

Memasarkan Produk Melalui Online

Bisnis online tidak bisa lepas dari bagaimana cara berbisnis online yang memerlukan penjualan untuk mendapatkan penghasilan. Apabila tidak ada yang membeli, maka bisnis tidak akan bisa berjalan.

Pertanyaan terbesar dalam bisnis sampai saat ini adalah bagaimana mendapatkan penjualan. Apa yang perlu di lakukan untuk membuat orang membeli dari bisnis Anda.

Sampai di level ini, biasanya mereka yang mulai dari nol akan menggunakan sosial media seperti Facebook atau Instagram. Mereka beranggapan bahwa platform media sosial ini akan membantu mendapatkan pelanggan.

Pada kenyataannya, sebelum membuka akun media sosial, Anda perlu mengetahui siapa target market yang membutuhkan produk yang di jual. Jawaban dari pertanyaan ini harus lebih spesifik. Anda tidak bisa mengatakan kalau produk Anda bisa di gunakan oleh semua orang. Kenapa?

Karena akan menyulitkan kita saat menuliskan penawaran untuk membuat mereka tertarik dengan produk anda. Setiap target market memiliki ketertarikan & tantangan yang mereka hadapi sendiri, sehingga solusi yang kita bisa berikan juga akan berbeda-beda.

Pada saat anda mulai dari nol, pilih satu target market terlebih dahulu. Karena tugas berikutnya adalah, menarik mereka untuk masuk kedalam website, akun media sosial atau platform yang kita gunakan.

Berikutnya, bagaimana membuat mereka tertarik dengan produk yang di tawarkan? Level ini belum sampai penjualan namun membuat mereka tertarik mengetahui produk yang Anda miliki.

Tergantung dari jenis produk yang Anda miliki, beberapa produk tidak perlu di jelaskan secara detail karena sudah banyak tersedia produk sejenis di pasaran. Apabila produk anda termasuk dalam kategori ini, maka Anda perlu menjelaskan apa yang membedakan produk Anda dari produk kompetitor lain? Atau kalau produknya sama dengan produk kompetitor, kenapa mereka perlu membeli dari Anda dan bukan kompetitor lain.

Bagaimana kalau produk Anda termasuk produk yang tidak banyak ada di pasaran? maka Anda perlu melakukan edukasi pasar mengenai kegunaan dan fungsi dari produk anda.

Di mana tempat terbaik untuk menjelaskan detail, fungsi, kelebihan & keuntungan produk kita? Tentu saja melalui website bisnis kita. Anda bisa memberikan informasi secara detail berikut dengan gambar atau video apabila tersedia. Jangan lupa, anda juga bisa menggunakan akun media sosial yang sudah anda miliki

Mulai Melakukan Pemasaran

Sekarang adalah saatnya mulai memasarkan. Setelah mengetahui siapa target market yang akan anda targetkan, Anda perlu mengetahui dimana mereka berada. Apakah mereka ada di media sosial Instagram, Facebook, LinkedIn atau mereka mencari melalui mesin pencari.

Mengetahui bagaimana cara target market anda melakukan aktivitas online, akan memudahkan kita dalam melakukan bisnis online. Karena akan menghemat waktu untuk dalam melakukan kegiatan pemasaran. Setiap platform yang akan kita gunakan sebagai media pemasaran, membutuhkan usaha dengan strategi tersendiri.

Tujuan kita melakukan pemasaran adalah mendapatkan pengunjung sebanyak-banyaknya masuk kedalam platform penjualan bisnis online kita. Ini adalah cara bisnis online paling konvensional karena proses yang di lakukan sangat sederhana. Ini cara termudah untuk memulai bisnis online dari nol.

Mirip dengan kita membuka toko, semakin banyak pengunjung masuk ke toko anda, maka toko akan semakin ramai, dan kemungkinan terjadi penjualan semakin tinggi. Apabila tidak ada yang mengunjungi, maka tidak ada yang beli.

Pasar Indonesia sangat luas, kita bisa memasarkan dari sabang sampai marauke. dengan jumlah pengguna internet yang sangat besar, mendapatkan banyak pengunjung harusnya bukan perkara yang sulit. Namun pada kenyataannya, tidak sedikit orang gagal melakukan bisnis online karena meremehkan langkah pertama ini.

Strategi yang bisa di gunakan juga sangat beragam. Secara umum, kita menggunakan 2 strategi besar yaitu organic & paid.

Organic berarti kita berusaha mendapatkan pengunjung secara online dengan konten atau informasi yang kita buat. Misalnya di instagram, Anda membuat post yang menarik sehingga orang menemukan post & follow akun anda.

Sedangkan paid, anda membayar sejumlah uang untuk mendatangkan pengunjung ke website. DI bandingkan dengan organic, menggunakan metode paid akan mempercepat waktu untuk mendatangkan pengunjung. Bahkan bisa di katakan anda mendapatkan pengunjung secara instan.

Mana langkah yang baik saat kita mulai dari nol? Saya akan menyarankan mulai dari paid. Kenapa?

Karena saat ini, metode paid bisa di atur dari sisi budget sehingga hasil yang di dapatkan bisa di lihat secara instan. Metode ini di kenal dengan nama direct response marketing. Anda bisa melihat jumlah penjualan dibandingkan dengan biaya yang di keluarkan.

Menggunakan website Marketplace, kita juga bisa menggunakan fitur iklan untuk menarik orang-orang yang sedang mencari produk atau sesuatu yang berhubungan dengan produk kita. Apabila Anda sudah memiliki akun di Marketplace, saya sangat menyarankan untuk mencoba menggunakan fitur iklan ini.

Sekali lagi, tugas paling besar dalam menjual produk secara online adalah bagaimana mendatangkan banyak pengunjung masuk kedalam lembar penawaran atau produk yang anda miliki. Anda bisa memiliki ide bisnis yang hebat, namun kalau tidak bisa mendatangkan pengunjung, bisnis anda tidak akan berkembang.

Pembukuan untuk Bisnis Online

Setelah bisnis mulai berjalan, penjualan mulai masuk, dan ada aktivitas dalam bisnis, anda perlu mencatat semua transaksi yang terjadi. Hal ini akan memudahkan anda untuk melihat apa progress & perkembangan bisnis anda secara keseluruhan.

Anda bisa menggunakan software accounting online ataupun menggunakan Microsoft Excell atau sejenisnya untuk mencatat aktivitas ini. Secara umum, anda perlu mencatat uang masuk dan uang keluar. Hanya dengan mengetahui 2 hal ini, bisnis anda sudah bisa dikatakan berjalan.

Apakah saya membutuhkan sebuah team?

Tergantung dari bagaimana anda memulai bisnis, memiliki bantuan dari pihak lain akan meringankan tugas anda. Cara memulai bisnis online dari nol bukan berarti harus melakukan semua sendirian. Anda juga bisa menggunakan jasa freelancer untuk membantu bisnis anda.

Ada banyak bisnis online yang bisa saling mendukung satu sama lain untuk keuntungan bersama. Apabila anda tahu bagaimana melakukannya, semuanya akan terasa lebih mudah.

Rekap Memulai Bisnis Online dari Nol

Untuk memulai bisnis, anda perlu memiliki ide bisnis online itu sendiri. Apa yang mau di kerjakan atau produk apa yang ingin di pasarkan.

Setelah mengetahui hal ini, anda membutuhkan platform untuk mulai bisnis online ini. Baik melalui website Marketplace atau membuat website sendiri.

Bagaimana menjual barang secara online? dengan mendatangkan banyak pengunjung masuk kedalam website anda. Anda bisa menggunakan media sosial sebagai langkah awal karena cara ini termasuk langkah yang mudah di lakukan oleh semua orang. Anda bisa menargetkan berapa banyak jumlah pengunjung yang ingin anda dapatkan.

Terakhir, Catat semua pemasukkan dan pengeluaran yang ada kedalam sebuah website akunting atau sejenisnya untuk memudahkan anda melihat perkembangan bisnis.

Tidak ada langkah sederhana untuk memulai bisnis. Hampir semuanya perlu perhitungan matang atau setidaknya, Anda mengetahui apa yang perlu anda lakukan. Cara bisnis ol tidak berbeda jauh dengan bisnis konvensional. Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa business coach.

Kenapa Anda memerlukan Coach? untuk memastikan semuanya on-track. Mulai dari perencanaan sampai implementasi kedalam bisnis online.

Share:

Facebook
X
LinkedIn

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts