Ryan Kristo Muljono

Apa Pengertian Dasar Konsep Digital Marketing

Konsep Digital Marketing

Table of Contents

Digital Marketing dalam pengertiannya adalah bagaimana memasarkan sebuah produk atau jasa menggunakan media internet.

Digital Marketing menjadi bagian penting dalam ilmu pemasaran. Kenapa? karena digital menjadi bagian dari gaya hidup kita sehari-hari.

Namun sebagai sebuah ilmu dasar, masih sangat dasar karena belum banyak riset & pengembangan yang di lakukan secara akademis. Selain itu, perubahannya juga sangat cepat. Sesuatu yang berlaku tahun lalu, belum tentu bisa di terapkan saat ini.

Akhir tahun 2018, saya mempublikasikan sebuah buku yang di terbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama bertajuk ‘Digital Marketing Konsep’. Dalam buku tersebut, di jelaskan dengan lebih detail mengenai konsep digital marketing dengan lebih detail. Apabila Anda tertarik, anda bisa mendapatkannya di Toko buku Gramedia atau dapatkan disini.

Menurut saya, ada 3 elemen penting dalam Digital marketing, yaitu Traffic, Conversion & Engagement.

3 Hal inilah yang menjadi kegiatan penting yang dilakukan oleh digital marketer dalam melakukan pemasaran secara online. Saya akan menjelaskan lebih detail setiap elemen ini.

Traffic atau Pengunjung

Sama seperti saat kita membuka toko secara offline di mall atau pasar, semakin ramai yang mengunjungi toko kita, maka semakin besar penjualan yang mungkin terjadi.

Dalam dunia online, pengunjung yang masuk kedalam website atau online property (sosial media account, akun marketplace, dsb) di kenal dengan nama Traffic. Goals utama kita adalah mendapatkan Traffic sebanyak-banyaknya. Cara yang di gunakan, biasa di kenal dengan nama Traffic Generation Strategy.

Beberapa cara yang banyak di lakukan adalah:

  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Search Engine Marketing (SEM)
  • Digital Advertising / Iklan
  • Social Media Marketing
  • Content Marketing
  • Mobile Marketing

Anda bisa mempelajari dengan lebih detail masing-masing strategi ini. Banyak keuntungan yang bisa di dapatkan dari menerapkan strategi yang ada kedalam sebuah bisnis. Ini adalah konsep utama dalam digital marketing.

Setelah mendapatkan banyak pengunjung, langkah berikutnya adalah Conversion

Conversion: Merubah pengunjung menjadi pelanggan

Memiliki banyak Traffic tidak cukup untuk bisnis. Karena percuma memiliki banyak pengunjung, tetapi tidak menjadi pelanggan. Anda harus bisa merubah mereka yang mengunjungi website menjadi pelanggan, minimal menjadi calon pelanggan.

Conversion adalah langkah penting dalam digital marketing, karena kesuksesan dalam pemasaran online tergantung dari berapa banyak yang akhirnya membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. Ada beberapa cara atau ilmu yang bisa anda pelajari untuk meningkatkan jumlah konversi dalam website.

  • Funnel Marketing
  • Website Optimization
  • Conversion Rate Optimization (CRO)
  • Copywriting Skill

Ilmu ini menjadi elemen penting dalam pemasaran online, karena bagaimana cara merubah menjadi pelanggan terdengar sederhana, namun sulit untuk di terapkan kedalam bisnis. Ada banyak hal yang harus di perhatikan & ini menjadi satu subject yang bisa di perdalam & di kuasai oleh individu.

Tidak berakhir di Conversion, untuk Anda menjaga & meningkatkan performa bisnis secara online, perlu melakukan Engagement

Engagement: Terhubung Dengan Para Pelanggan

Mereka yang sudah datang ke tempat anda dan tertarik dengan produk atau jasa yang di tawarkan, belum tentu akhirnya membeli. Oleh karena itu, Anda perlu membangun hubungan dengan mereka, agar terus ingat & akhirnya membeli.

Di sini tugas dari Engagement. Bagaimana terus berkomunikasi dengan mereka secara online. Beberapa cara yang digunakan

  • Email
  • Messaging Apps

2 media komunikasi ini yang harus di kuasai untuk membangun hubungan dengan mereka. Dan yang paling penting, anda bisa melakukannya secara otomatis.

Ada beberapa pelanggan yang perlu di hubungi secara personal, terutama mereka yang menjadi pelanggan setia. Namun kebanyakan adalah calon pelanggan, yang kita belum mengetahui apakah mereka akan menjadi pelanggan dalam waktu dekat atau tidak.

Oleh karena itu, membangun hubungan melalui media elektronik, akan membuat usaha yang di keluarkan lebih efektif & efisien. Ada berbagai cara & strategi yang bisa di terapkan menggunakan software yang ada di pasaran.


Jadi dalam melakukan pemasaran secara Digital, anda perlu mengerti konsep awalnya, yaitu Traffic, Conversion & Engagement.

Mengerti secara global atau konsep dasar akan membantu Anda merencanakan & membangun strategi yang tepat untuk bisnis yang akan di pasarkan secara online. Mana yang tepat & apa yang harus di lakukan.

Gunakan kesempatan ini untuk mempelajari Digital Marketing secara umum, dan kuasai 1-3 skill khusus untuk pemasaran online.

Share:

Facebook
X
LinkedIn

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts