Ryan Kristo Muljono

10 Jenis Funnel yang bisa digunakan dalam Bisnis

Funnel Marketing

Table of Contents

Funnel dalam Digital Marketing merupakan elemen penting yang harus disiapkan, bahkan sebelum memulai pemasaran secara online.

Apa yang di makseud sebagai Funnel? Halaman website yang di buat untuk membawa online visitor ke tujuan bisnis kita. Setiap Funnel biasa terdiri dari beberapa halaman yang harus di buat.

Belakangan ini, Funnel sangat sering di bicarakan karena terbukti membawa bisnis ke tingkat berikutnya secara online. Beberapa keuntungan Funnel Marketing:

  1. Spesifik. Funnel di buat khusus untuk satu tujuan saja.
  2. Informatif. Konten yang ada di dalam funnel menjelaskan secara detail mengenai apa yang di tawarkan
  3. Langsung ke Tujuan. Setiap funnel hanya memiliki 1 goal besar dan biasanya terlihat langsung dalam halaman funnel.

Dalam buku DotCom Secrets yang di tulis oleh Russell Brunson, ada 10 jenis Funnel dari 4 kategori funnel yang bisa kita gunakan dalam Bisnis.

4 Kategori tersebut adalah:

  • Front-End Lead Funnels
  • Unboxing Funnels
  • Presentation Funnels
  • Back-End Phone Funnels
Value Ladder Funnels

Front-End Lead Funnels

Kategori ini adalah level pertama dari pembuatan funnel. Anda bisa menggunakan kategori ini untuk hampir semua jenis bisnis. Ada 3 jenis funnel yang bisa anda buat

Lead “Squeeze” Funnels

Jenis funnel yang paling banyak digunakan karena mudah untuk membuat dan mengatur funnel ini. Biasanya penawaran yang di buat juga sederhana dengan tujuan untuk mendapatkan lebih banyak data pelanggan.

Apabila Anda belum pernah membuat sebuah Funnel, ini adalah langkah awal yang baik untuk di kerjakan. Untuk Copywrite juga tidak terlalu panjang sehingga lebih mudah untuk di buat.

Lead 'Squeeze' Funnels

Survey Funnels

Funnels ini sangat menarik karena ada beberapa keuntungan. Yang pertama adalah user suka untuk mengisi survey. Apalagi bila survey tersebut akan memberikan hasil tertentu.

Keuntungan lain menggunakan Survey Funnels adalah kemungkinan anda untuk melakukan Segmentasi dari mereka yang mengikuti survey. Hal ini akan memudahkan kita melakukan follow-up di kemudian hari.

Survey Funnels

Summit Funnels

Apabila Anda ingin meningkatkan otoritas dengan cepat, ini adalag Funnel yang tepat untuk Anda. Membuat sebuah acara online (atau offline) dengan narasumber lain akan langsung meningkatkan trust value dari bisnis anda.

Banyak yang menggunakan model ini karena memberikan dampak berlipat di dalam bisnis.

Summit Funnels

Unboxing Funnels

Bagi Anda yang ingin mendapatkan penjualan langsung, ini adalah Funnel yang perlu anda bangun.

Book Funnels

Anda memiliki ‘start’ product dengan harga lebih murah, anda bisa menggunakan Funnels ini. Tidak perlu buku, namun bisa hal lain yang bisa anda tawarkan dengan harga yang lebih murah.

Ingat, anda juga bisa melakukan upsell bagi mereka yang sudah tertarik dengan bisnis Anda.

Book Funnels

Cart Funnels

Mirip dengan Book Funnels, Cart Funnels di tujukan untuk Produk yang anda jual. Berikan penawaran secara spesifik untuk mereka yang tertarik dengan produk yang anda jual.

Cart Funnels

Challenge Funnels

Pelanggan anda suka dengan tantangan. Dan anda bisa memberikan tantangan kepada mereka. Tantangan 14-30 hari adalah yang paling populer. Menggunakan Funnel ini akan meningkatkan engagement dengan pelanggan juga.

Challenge Funnels

Presentation Funnels

Berbeda dengan Unboxing Funnels, Presentation Funnels digunakan bila Anda memiliki produk atau jasa yang perlu di jelaskan dengan lebih detail, dan biasanya memiliki harga jual yang lebih tinggi.

Video Sales Letter Funnels

Menggunakan video berdurasi panjang untuk menjelaskan produk adalah cara yang banyak dilakukan, terutama jika produk tersebut sangat spesifik. Anda bisa menggunakan metode ini untuk membuat orang tertarik lebih dahulu sebelum mereka membeli.

Video Sales Letter Funnels

Webinar Funnels

Saat ini jamannya Webinar. Anda bisa menggunakan Webinar untuk berbicara secara langsung kepada para pelanggan. Menggunakan Webinar membuat bisnis anda terkesan lebih dekat dengan para audience.

Webinar Funnels

Product Launch Funnels

Di populerkan oleh Jeff Walker, metode ini merubah banyak bisnis. Untuk anda yang ingin meluncurkan produk, maka ini salah satu solusi untuk Anda.

Product Launch Funnels

Back-End Phone Funnels

Bagi Anda yang memiliki produk dimana perlu membangun hubungan dengan pelanggan, maka ini adalah funnel untuk anda.

Application Funnels

Mem-filter leads yang masuk adalah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Apabila tidak, anda akan menghubungi terlalu banyak orang dengan kualitas yang tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Funnels ini akan menghemat banyak waktu dari team Anda & meningkatkan hasil dari bisnis Anda.

Application Funnels

Apapun jenis Funnel yang Anda buat, pastikan sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.

Apabila anda ingin mempelajari jenis Funnel ini dengan lebih spesifik, saya menyarankan anda untuk membaca Buku DotComSecrets dari Russell Brunson. Berita baiknya, Anda bisa mendapatkan buku ini secara gratis. Anda hanya perlu membayar biaya kirim dari buku ini. Anda bisa mendapatkannya melalui link berikut.

DotComSecrets

Share:

Facebook
X
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts

appointment funnel

Mengenal Appointment funnel untuk bisnis

Dalam dunia digital yang terus berkembang, memahami apa itu appointment funnel menjadi kunci bagi bisnis untuk meningkatkan konversi. Appointment funnel adalah strategi pemasaran yang dirancang

Struktur Biaya dalam Business Model Canvas

Mengelola Struktur Biaya dengan Efisien Pentingnya Efisiensi Mengelola biaya adalah kunci untuk menjaga keberlanjutan bisnis Anda. Tanpa pengelolaan yang efisien, sulit bagi perusahaan untuk tetap