On-Boarding Cost vs Switching Cost, Mana Yang Menguntungkan?

Visi Mungkin Tidak Instan
March 5, 2017
Show all

On-Boarding Cost vs Switching Cost, Mana Yang Menguntungkan?

Apakah anda pernah mendengar tentang OnBoarding Cost & Switching Cost sebelumnya? Kata-kata ini akan menjadi lebih penting kedepannya. Baik untuk pemilik usaha dan juga untuk product development.

OnBoarding Cost adalah biaya yang di keluarkan untuk mulai menggunakan suatu jasa atau produk,

sedangkan Switching Cost adalah biaya yang di keluarkan saat kita mau mengganti suatu jasa atau produk ke penyedia jasa lainnya.

 

Dengan banyaknya jenis usaha yang ada saat ini, switching cost menjadi bagian penting dalam bisnis. Bahkan banyak perusahaan sekarang tidak memperhatikan onboarding cost lagi.

Sebagai contoh, untuk perusahaan hosting, rata-rata mereka tidak mengenakan biaya pengaturan hosting di awal. Kenapa? Karena mereka mengerti tentang switching cost.

Saat seseorang sudah menggunakan sebuah perusahaan hosting, maka kecil kemungkinan untuk mereka pindah ke penyedia jasa hosting lain. Apa alasan yang membuat mereka enggan untuk pindah?

Karena switching cost untuk melakukan pemindahan bisa menjadi sangat mahal. Mulai dari waktu pengerjaan, teknisi server, downtime dalam bisnis, etc.

Kebanyakan perusahaan yang menggunakan SaaS telah menggunakan cara ini. Mulai dari software akuntansi, POS System, hingga koneksi internet.

Hal ini membuat banyak perusahaan tidak lagi memperhitungkan onboarding cost karena onboarding cost akan membuat pengguna tidak ingin menggunakan produk yang mereka tawarkan. Tetapi saat mereka fokus kepada switching cost, maka kemungkinan untuk pengguna produk mereka untuk pindah menjadi lebih kecil dan mereka akan menjadi konsumen seumur hidup mereka.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *