Featured Article

   PRINT   BOOKMARK  

 
Bagaimana Perkembangan SEO Indonesia Saat Ini?
 
Apakah benar pemasaran melalui internet menjanjikan?
  

Maraknya pengguna internet saat ini di Indonesia membuat banyak sekali operator berlomba-lomba mendapatkan pelanggan. Perkembangan pengguna bisa dikatakan berlipat dua setiap tahunnya.
Tidak ada industri lain yang bisa menyaingi perkembangan ini. oleh karena itu, sudah mulai banyak pemilik usaha membidik pengguna pasar pengguna internet sebagai media pemasaran mereka selain pemasaran menggunakan Televisi, Radio, Koran, dll.
Alasan mereka menggunakan media Internet adalah karena media ini memberikan peluang untuk memasarkan produk dengan biaya relatif mudah dibandingkan media lain bahkan media ini bisa membantu pemasaran secara gratis.
Bagaimana caranya? dengan menggunakan metode pemasaran Search Engine Optimization (SEO). Apa itu SEO?
Sebelumnya, apabila anda menggunakan internet, apa yang pertama kali anda lakukan apabila ingin mencari sebuah informasi? Berdasarkan data, 8 dari 10 pengguna menggunakan mesin pencari pada saat pertama kali mereka masuk ke Internet.
3 Mesin pencari terbesar saat ini adalah Google, Yahoo, dan MSN. Mereka menghadapi jutaan pencarian setiap harinya dari seluruh dunia.
Setiap halaman hasil pencarian, akan menghasilkan 10 hasil pencarian organik dan 10 pencarian berbayar. Bisa terjadi kurang tetapi tidak bisa lebih.
Kita fokus kedalam pencarian Organik. Tidak ada satu orangpun di Dunia yang bisa membayar perusahaan mesin pencari ini untuk memasukkan website mereka di halaman pertama hasil pencarian. Di sinilah metode SEO digunakan. karena dengan menggunakan teknik SEO, kita bisa membuat mesin pencari memasarkan website anda dengan membuat website anda terdaftar di halaman pertama hasil pencarian.
Jadi disini, setelah anda membuat website anda berada di halaman pertama hasil pencarian dengan teknik SEO, anda dapat mendatangkan pengguna ke halaman anda secara Gratis. Ini seperti anda mempunyai toko di depan pintu utama sebuah mal terbesar tetapi anda tidak membayar biaya sewa sepeserpun kepada mal tersebut. Bukankah itu bagus?
Inilah yang paling marak perkembangannya di Indonesia. SEO Indonesia mulai bergerak untuk membuat hasil pencarian yang lebih baik di halaman hasil pencarian mesin pencari. Terlebih lagi, saat ini baru datang perusahaan konsultan untuk bisnis di Indonesia yang fokus mengerjakan pemasaran menggunakan Search Engine Marketing (SEM Indonesia) yang bernama ClickMedia.
Perusahaan ini dibangun oleh dua orang yaitu Fabian Lim dari Internet Marketing Singapore beserta dengan Tung Desem Waringin-Motivator dan Pelatih Sukses di Indonesia.

Ryan Kristomuljono, 13 Februari 2009
 

 

Back to top